BeluBeritaDaerahMalakaTNI

Untuk Mengentaskan Masalah Kebutuhan Air Bersih, Ini Yang Disampaikan Dandim Belu Kepada Jajaran Koramil

104
×

Untuk Mengentaskan Masalah Kebutuhan Air Bersih, Ini Yang Disampaikan Dandim Belu Kepada Jajaran Koramil

Sebarkan artikel ini

Belu,obornusa.com-Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi,S.T menginstruksikan kepada jajaran Koramil untuk melaksanakan kerja bakti perawatan sarana fasilitas air bersih sumur bor dan pompa Hydram yang sudah dipasang diwilayah masing-masing Koramil jajaran, Minggu (12/11/2023).

Dandim mengatakan, keberadaan sumur bor dan pompa hydram yang sudah dibangun oleh TNI dan masyarakat tersebut merupakan upaya untuk mengatasi dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat, maka perlu adanya pengecekan dan perawatan terhadap sarana fasilitas air bersih tersebut.

Disampaikannya bahwa, program ini merupakan program utama TNI AD manunggal dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. Mengingat air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, oleh karena itu perlu dilakukan perawatan secara berkala.

“Program bantuan sumur bor dan pompa hydram ini tersebar di wilayah masing-masing Koramil jajaran, kalau tidak dijaga dan dirawat dengan baik maka pemanfaatan sarana air bersih tersebut otomatis menjadi kurang maksimal” ucap Dandim.

Oleh karena itu Dandim menekankan kepada para Danramil dan Babinsa harus terlibat dalam pengelolaan, melaksanakan pengecekan langsung di lokasi sumur bor dan pompa hydram sehingga sarana fasilitas air bersih itu bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

“Perlu adanya kegiatan kerja bakti secara rutin bersama masyarakat guna melakukan perbaikan dan perawatan alat peralatan yang sudah di pasang, hal ini karena ada beberapa yang tidak berfungsi dengan baik” tegas Dandim Suhardi.

Orang nomer satu di Kodim Belu itu mengingatkan agar para Babinsa juga memberikan himbauan kepada warga masyarakat penerima manfaat dari pompa hydram dan sumur bor agar selalu menjaga dan merawat atau bahkan dengan sengaja maupun tidak sengaja merusak alat atau material yang sudah terpasang.

“Hal ini harus menjadi perhatian bersama baik itu pemerintah desa maupun masyarakat itu sendiri, apabila terjadi kerusakan atau kendala dengan pompa hydram dan sumur bor dilaporkan ke Babinsa agar bisa diatasi dengan Swadaya masyarakat sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara terus menerus” tandas Dandim.

 

Sumber: KODIM 1605/BELU