BeluBeritaDaerahTNI

TMMD Ke-118 Tahun 2023 Kodim 1605/Belu Secara Resmi Ditutup, Begini Amanat Tertulis Pangdam IX/Udayana

179
×

TMMD Ke-118 Tahun 2023 Kodim 1605/Belu Secara Resmi Ditutup, Begini Amanat Tertulis Pangdam IX/Udayana

Sebarkan artikel ini

Belu,obornusa.com//Kepala Seksi Teritorial Korem 161/Ws Kolonel Inf Agusto M. Soares secara resmi menutup pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-118 Tahun 2023 Kodim 1605/Belu di Desa Dirun dan Desa Makir, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu NTT Perbatasan RI-RDTL, Kamis (19/10/2023).

Upacara penutupan TMMD ke-118 tahun 2023 Kodim 1605/Belu dengan tema “Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat” dihadiri langsung oleh Bupati Belu dr Agustinus Taolin sp.PD KGEHA-FINASIM, Wakil Bupati Belu Drs Aloysius Halesrens M.M., Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suahardi,S.T., Perwira TNI Polri, Ketua Persit KCK Cabang XVI bersama pengurus, Camat, Kepala Desa serta warga masyarakat.

Dalam amanat tertulis Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P, M.Sc. yang dibacakan oleh Kasiter Korem Kolonel Inf Agusto M. Soares, Pangdam menyampaikan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Kementerian Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya.

“Prioritas dari program TMMD adalah daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, terpencil/terisolir, perbatasan/pulau-pulau kecil terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena bencana” Tulis Pangdam dalam amanatnya.

Dikatakan, program TMMD ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan desa dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana wilayah serta fasilitas umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat. Disamping itu juga untuk membantu pemerintah memberdayakan wilayah serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

“Program TMMD ini diharapkan dapat menggelorakan kembali semangat gotong royong dan sebagai momentum untuk berpartisipasi dalam membantu program pemerintah” Ucap Pangdam.

Selanjutnya dalam amanat tertulis tersebut disampaikan bahwa sasaran fisik TMMD ke-118 TA 2023 di wilayah Kodam IX/Udayana diantaranyamelalui pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum maupun sosial, berupa Pembangunan Jalan, Drainase, Pipanisasi Air Bersih, Bak Penampungan Air, Pembuatan MCK, Pembangunan Tempat
Ibadah dan Posyandu. Adapun sasaran non fisik berupa penyuluhan atau sosialisasi
tentang Bela Negara, Wawasan
Kebangsaan, Stunting dan Pelayanan Kesehatan, Hukum, Radikalisme, Kamtibmas, Narkoba serta materi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Kedua sasaran tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan tercapai 100 persen.Selaku Pangdam IX/Udayana dan Pengendali Kegiatan Operasional TMMDmengucapkan terima kasih atas terlaksananya TMMD ke-118 TA 2023 secara aman dan lancar. Dukungan
pemerintah daerah atas alokasi anggaran yang disiapkan menjadi hal penting serta bermanfaat untuk membiayai semua sasaran dalam program TMMD kali ini.

“Pada kesempatan ini, saya juga menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-118 TA 2023,terdapat tutur kata maupun tingkah laku para Prajurit TNI yang tidak berkenan di hati masyarakat” Ungkap Pangdam.

Mengakhiri amanatnya, Pangdam mengingatkan kepada Prajurit TNI AD khususnya Prajurit Kodam IX/Udayana dimana pun bertugas agar menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi demi terciptanya kemanunggalan TNI-Rakyat dan tetap lestarikan semangat gotong royong sebagai warisan budaya Bangsa Indonesia yang sudah terbina dengan baik selama ini.

“Pelihara hasil program TMMD ke-118, agar hasilnya dapat bermanfaat dan dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang serta adakan
perawatan bersama masyarakat di wilayah tersebut secara mandiri dan swadaya dan pegang teguh komitmen Netralitas TNI dengan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan moral” Demikian tegas Pangdam.

Usai upacara penutupan TMMD dilanjutkan dengan pemberian sembako kepada masyarakat, peninjauan kegiatan baksos berupa pasar murah, pemeriksaan kesehatan gratis serta peninjauan sasaran fisik TMMD ke-118 Kodim 1605/Belu tahun 2023.

Sumber: KODIM 1605/BELU