BeritaDaerahDesaHUT RIKecamatanMalaka

Selaku Inspektur Upacara Pada Hut RI Ke-78 Di Kecamatan Wewiku, Ini Yang Disampaikan Camat Yohanes

102
×

Selaku Inspektur Upacara Pada Hut RI Ke-78 Di Kecamatan Wewiku, Ini Yang Disampaikan Camat Yohanes

Sebarkan artikel ini

Rangkaian kegiatan HUT RI yang ke-78 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Wewiku berlangsung Sukses. Berbagai kegiatan mulai dari tinggat kelurahan hingga Kecamatan berlangsung dengan lancar. Salah satu jadwal kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-78 adalah Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Lapangan halaman Kantor Camat Wewiku, Kamis 17/08/2023, Camat Wewiku, Yohanes Kalau Seran, S.IP., menjadi Inspektur Upacara Bendera memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tahun 2023 tingkat Kecamatan Wewiku Kabupaten Malaka, NTT.

Terpantau, ratusan peserta mengikuti upacara ini yang terdiri dari, KORPRI, PNS, 12 Kepala Desa di Kecamatan Wewiku, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, dan Siswa Siswi PAUD, SD sampai dengan SMA. Sementara para tamu undangan juga terlihat antara lain, Anggota DPRD Kabupaten Malaka Dapil II, Kapolsek Wewiku bersama Anggota, Anggota TNI dari
Koramil 1605-09/Biudukfoho, Rohaniawan, Tokoh Masyarakat dan para Orang Tua Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Kecamatan Wewiku, Mahasiswa. Dan diiluar Lapangan juga terlihat warga masyarakat menyaksikan upacara ini dengan tertib.

Camat Wewiku Yohanes Kalau Seran, S.ip., selaku Inspektur Upacara memimpin peringatan Detik-Detik Proklamasi. Yang bertindak sebagai Komandan Upacara Sarda Dua Henry Rumamelete anggota Koramil 1605-09/Biudukfoho, Perwira Upacara, Brigadir Polisi Kepala, Yustinus Aplianus  Lamabelawa, Bertindak sebagai ajudan Inspektur Upacara, Yohanes Klau, Pembawa Acara, Mikhael Tae Klau, S.Pd., Gr., dan Maria Guidora Luruk, S.Ag. Sementara Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang terpilih berdasarkan hasil seleksi terdiri dari 12 Orang siswa-siswi SMA Alkani, SMA Forenurak dan SMA Webriamata yang ada wilayah Kecamatan Wewiku.

Dalam sambutanya Camat Wewiku Yohanes Kalau Seran, S.IP., membacakan sambutan dari Bupati Malaka pada Hut RI ke-78 Tahun 2023. Dikatakan dalam sambutannya, atas nama Pemerintah Kabupaten Malaka, Saya mengucapkan selamat datang kepada  Bapak/Ibu/Saudara/Saudari sekalian dalam upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Malaka.

“Hari ini kita memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dalam upacara yang diselenggarakan di tingkat kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Malaka. Kita semua bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjuangan para leluhur yang telah berkorban demi menggapai kemerdekaan Indonesia.

“Saya mengajak kita semua tak henti-hentinya bersyukur atas anugerah Proklamasi Kemerdekaan yang telah kita terima sejak 78 tahun silam,”Ungkap Camat Yohanes dalam sambutannya.

Lanjut Camat Yohanes dalam sambutan tersebut menyampaikan, hari ini, Kamis, 17 Agustus 2023, Bangsa Indonesia di seluruh pelosok Tanah Air, memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia, yang diproklamirkan oleh Ir. Soekarno, 78 tahun yang silam, di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta, 17 Agustus 1945.

“Kita memperingati Hari Kebebasan bangsa kita dari cengkeraman penjajahan, dari segala bentuk penindasan, penguasaan dan penghisapan bangsa asing. Peristiwa itu merupakan Puncak Perjuangan dari suatu rangkaian panjang perjuangan melawan penjajah, perjuangan tanpa kenal lelah, penuh pengorbanan jiwa dan raga, dari seluruh lapisan masyarakat bangsa Indonesia,”Ucapnya.

Lebih lanjut Camat Yohanes mengatakan, memperingati mengandung makna “merenungkan dan mengenang kembali” seluruh rangkaian perjuangan dari para pejuang untuk meraih kemerdekaan agar bangsa masyakat bangsa indonesia terbebas dari cengkeraman penindasan, penghisapan penjajah.

“Di sini kemerdekaan berarti kebebasan, bukan saja suatu kebebasan dari penjajah, tetapi lebih-lebih suatu kebebasan untuk dapat menentukan nasib sendiri, untuk dapat menentukan sendiri jalan sejarah nasional bangsa ini ke depan menuju cita- cita kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran, serta keamanan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,”Tutupnya. (*)