BeritaDaerahDesaHUT RIKecamatanMalaka

Semarakan Hut RI Ke-78, Pemerintah Kecamatan Malaka Barat Juga Adakan Pentas Seni Budaya Untuk 16 Desa

44
×

Semarakan Hut RI Ke-78, Pemerintah Kecamatan Malaka Barat Juga Adakan Pentas Seni Budaya Untuk 16 Desa

Sebarkan artikel ini

Dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78, pemerintah Kecamatan Malaka barat, selain mengadakan berbagai kegiatan seperti Gerak Jalan, Volly Bola Putri, Tarik tambang, dan panjat pinang, Pemerintah Kecamatan Malaka Barat juga adakan Pentas Seni Budaya seperti Akabeluk, Tebe Kreatif dan Bidu Lalok. Hal ini disampaikan Camat Malaka Barat, Remigius A.Y Bria Seran melalui Sekretaris Camat (Sekcam) Malaka Barat, Ridon A.O. Rua, saat membuka acara kegiatan Seni Budaya di halaman Kantor Camat Malaka Barat, Selasa 15/08/2023, pukul 16.00 wita.

Selain itu lanjut Ridon, dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78, Pemerintah Kecamatan Malaka Barat akan mengadakan Karnaval yang akan dilaksanakan pada tanggal 16, pukul 15.00 wita yang akan dilepas langsung oleh Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H., M.H., di halaman Kantor Camat Malaka Barat.

“Hari ini hari ke-3 pentas budaya. Kita masih ada beberapa kegiatan, yaitu besok pawe karnaval jam 15:00 yang akan dilepas langsung oleh Bapak Bupati Malaka yang bertempat di halaman kecamatan.

“Semua masyarakat Desa atau
Kecamatan Malaka Barat bebas ikuti kegiatan karnaval. Kita berpartisipasi karena kita mau memeriahkan kegiatan 17 Agustus 2023. Upacara 17 kita buat di lapangan SMPK Isidorus, habis upacara pengibaran kita ada lagi lomba tarik tambang antar SMA dan antar Desa,”Kata Ridon Sapaan Akrabnya.

Lebih lanjut Sekcam Ridon mengemukakan bahwa, Pentas Seni Budaya seperti Nyanyian Akabeluk dan tarian Bidu Lalok yang diadakan ini atas permintaan Bupati Malaka, karena mengingat warisan leluhur perlahan-lahan sudah hampir punah, sehingga tarian seni budaya warisan leluhur tersebut harus digelorakan dimasa yang akan datang.

“Jadi hari ini untuk nyanyian akabeluk itu atas permintaan dari Bapak Bupati, bahwa Tahun ini pemerintah Kecamatan Malaka Barat, harus adakan juga nyanyian akabeluk dan bidu lalok. Kenapa itu diminta, karena beberapa kegiatan pentas seni hampir perlahan-lahan sudah punah. Jadi kami mau sarankan untuk tarian pentasan seni seperti saat ini, harus diwariskan kepada anak-anak kita supaya jangan hilang warisan leluhur ini.

“Dan untuk kegiatan Karnaval besok ini, saya minta partisipasi dari semua yang ada di Kecamatan Malaka Barat supaya satu Desa mempersiapkan satu sound sistem untuk kawal Pawai guna memeriahkan HUT RI dalam Tahun ini,”Tutup Ridon.(*)