BeritaInternasionalRohaniRohani Kristen

Mgr Leandro Alves : Jaga Selalu Kekompakkan dan Persaudaraan

110
×

Mgr Leandro Alves : Jaga Selalu Kekompakkan dan Persaudaraan

Sebarkan artikel ini

Dili,obornusa.com-Uskup terpilih Keuskupan Baucau, Mgr. Leandro Maria Alves, Pr berpesan kepada teman-teman seangkatannya saat masih sama-sama mengenyam pendidikan di Seminari Tinggi Santo Mikhael Penfui Kupang dan Fakultas Filsafat Katolik Universitas Widya Mandira Kupang tahun 1995-1999 untuk senantiasa menjaga kekompakkan dan persaudaraan yang dibangun dan terjalin selama ini.

“Saya berpesan kepada teman-teman untuk tetap menjaga kekompakkan dan persaudaraan. Kekeluargaan yang kita bangun sejak Seminari Tinggi hingga saat ini. Mari kita tetap saling mendukung dan mendoakan,” demikian pesan Uskup Leandro saat menerima kunjungan teman seangkatannya di Seminari Nossa Senhora Dili, Timor Leste, Rabu, 19 Juli 2023.

Mgr Leandro sangat berterima kasih atas dukungan dan motivasi yang diterima dari berbagai pihak, terutama dari teman-teman seangkatan sehingga bisa mencapai tingkat ini.

“Saya menyadari bahwa ini bukan kehebatan dan kekuatan diri, tapi atas rahmat dari Allah dan motivasi dari teman-teman sehinga saya diberi tugas mulia ini, melayani umat di Keuskupan Baucau,” ujar Uskup Leandro yang hobi main basket ini.

Dirinya juga tidak pernah menyanga, jika terpilih menjadi Uskup. Karena dalam tugas dan karyanya, hanya ingin melayani umat di mana saja berkarya.

“Tapi Tuhan punya cara lain untuk karya pelayanan kepada umat. Saya menerima tugas ini dengan lapang dada dan akan tetap setia pada tugas dan panggilan hidup ini,” tutur Uskup Leandro kelahiran Ermera tahun 1974 ini.

Romo Goris Dudy, Pr mewakili teman-teman angkatannya sangat berterima kasih karena dari antara teman-temannya, ada yang terpilih jadi uskup.

“Intinya kami berterima kasih karena salah seorang dari angkatan kami di Santo Mikhael dan Fakultas Filsafat Agama terpilih jadi Uskup. Tuhan punya rencana terindah dalam hidup ini,” kata Romo Goris yang juga Pastor Paroki Stella Maris Atapupu.

Romo Goris dan teman-temannya juga akan tetap mendukung karya dan panggilan Mgr. Leandro sehingga melayani umat di Keuskupan Baucau dengan sebaik-baiknya seturut motto tahbisannya Dia berkeliling sambil berbuat baik.

Saat menerima kunjungan teman-teman angkatannya, Mgr. Leandro Maria Alves dikalungi Tais Adat Malaka berlambang garuda sebagai tanda ikatan dan jalinan pertemanan selama puluhan tahun silam.

Teman-teman angkatan Mgr. Leandro yang hadir untuk mengikuti tahbisan Uskup yang direncanakan pada hari Jumat, 21 Juli 2023 antara lain Romo Gregorius Dudi, Pr, Romo Elfridus Nahak, Pr, Rm Erwin Asa, Pr, Romo Yohanes Faentaono, Pr, Suster Selfi Taek, RVM dari kaum klerus dan biarawan. Sementara hadir mewakili kaum awam yakni Alfred Atidja dan Herry Klau. (Tim)