BeritaDaerahpelatihanPendidikanTNI

Berikan Bimbingan Dan Pembekalan Psikotes Bagi Calon Bintara Dan Kowad PK TNI AD Tahun 2023, Ini Yang Disampaikan Mayor Kav Yatman

65
×

Berikan Bimbingan Dan Pembekalan Psikotes Bagi Calon Bintara Dan Kowad PK TNI AD Tahun 2023, Ini Yang Disampaikan Mayor Kav Yatman

Sebarkan artikel ini

Guna memberikan gambaran dan pengetahuan tentang tahapan seleksi yang akan dihadapi untuk menjadi seorang Prajurit TNI, salah satunya seleksi di bidang pemeriksaan Psikologi. Kodim 1605/Belu memberikan bimbingan Psikotes kepada para calon Bintara PK TNI-AD dan Kowad Tahun 2023.

Kegiatan pengenalan dan bimbingan psikotes oleh Kepala Staf Kodim 1605/Belu Mayor Kav Yatman kepada Bintara PK TNI-AD dan Kowad Tahun 2023 tersebut berlangsung di Makodim 1605/Belu, Kabupaten Belu NTT, Jumat (7/7/2023).

Kasdim 1605/Belu Mayor Kav Yatman mengatakan, pembinaan ini bertujuan agar para calon prajurit Bintara PK TNI AD ini untuk memberikan gambaran kepada mereka tentang materi psikotes dan mengerti tahapan-tahapan ketika menghadapi persoalan pada seleksi psikotes, sekaligus juga memotivasi para peserta.

“Kodim tidak hanya pembinaan fisik saja yang di berikan akan tetapi juga pembinaan tentang psikotes, pembinaan ini dilakukan sebagai langkah awal sebelum mengikuti serangkaian seleksi sebenarnya, sekaligus mempersiapkan kemampuan mereka agar siap bersaing dengan peserta dari Kodim lain” Jelas Mayor Yatman.

Dikatakan, dengan memberikan pembekalan kepada para calon prajurit TNI ini setidaknya mereka memiliki kemampuan, khususnya memahami apa yang harus dikerjakan pada saat nanti menghadapi materi psikotes karena dalam materi psikotes ada materi menggambar, angka-angka sehingga ketika menghadapi persoalan seperti itu paling tidak para calon ini sudah tidak kaget lagi,”ungkap Mayor Yatman.

Menurut Mayor Yatman, perlu adanya latihan secara terus menerus terkait psikotes ini, namun karena keterbatasan tenaga personil yang ahli di bidang psikotes ini maka Kodim memberikan gambaran secara garis besar dengan harapan para calon Bintara PK TNI AD ini ketika lolos memasuki tahapan psikotes tidak akan mengalami kesulitan.

“Sebenarnya semacam ini harus ada lembaga khusus yang membimbing tapi karena keterbatasan personil yang bisa mengarahkan hal ini maka cukup kita arahkan untuk berlatih sendiri di rumah sehingga ketika menghadapi persoalan seperti itu mereka dapat mengerjakannya” Ucapnya.

Lebih lanjut Kepala Staf Kodim itu berharap dengan adanya kegiatan pengenalan dan bimbingan psikotes bisa membekali para calon Bintara PK TNI-AD dan Kowad Tahun 2023 untuk berkompetisi selama melaksanakan seleksi baik itu di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Sumber: KODIM 1605/BELU